Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
'Denah Laboratorium Kelas Industri Fiber Optik Telkom Indonesia'
'Salah Satu Peresmian LAB FO (Laboratorium Fiber Optik) Pt. Telkom Indonesia'
'Standar Laboratorium Kelas Industri Fiber Optik Pt. Telkom Indonesia'
'Kurikulum Kelas Industri Fiber Optik Pt. Telkom Indonesia Tahun 2020'

Perkuat Tenaga Profesional Lab Fiber Optic, PT Telkom Kunjungi SMK Muga Weleri


PWMJATENG.COM, KENDAL – PT Telkom Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta melakukan kunjungan kerja ke SMK Muhammadiyah (Muga) Weleri. Rombongn terdiri 20 orang, dipimpin Manajer Bidang Busines dan Service, Imperata Joko Subroto dan diterima oleh kepala SMK Muga, H. Yusuf Darmawan.

Imperata dalam keteranagnnya memberi apresiasi kepada SMK Muga yang telah menempuh jalan yang sama dengan PT Telkom.

“Ketika SMK Muga memiliki lulusan sesuai kriteria dan kami membutuhkan, maka terjadi jalan yang sama dan saling bertemu. Tidak lagi berada di sebelahan, yang tidak saling ketemu” katanya Selasa (13/8).

Imperata juga mengakui, jika SMK Muga pada dua tahun lalu sempat sebagai tempat eksperimen oleh PT Telkom.

“Tetapi dalam perjalanannya telah saling menemukan kebutuhan ke dua belah pihak dengan tetap mematuhi peraturan yang ada”

Beliau mengajak kepada timnya untuk belajar mengetahui apa yang terjadi di SMK Muga, khususnya laboratorium fiber optic.

“Mereka adalah manajer yang menghandle di segmen edukasi dan diharapkan mampu mensosialisasikan di masing-masing daerahnya” pintanya.

Sementara itu Manajer Sales 1 Telkom Segmen LBS Jakarta, Agus Riyono yang turut mendampingi, kehadirannya untuk melihat langsung laboratorium fiber optic.

“Bangunannya sudah selesai, sesuai spesifikasi dari Telkom, dan segera diterapkan di masing-masing area, karena lab fiber optic untuk SMK sudah banyak permintaan, dilengkapi dengan kurikulum dari kementerian terkait yang sudah mulai diterapkan” jelasnya.

Agus menambahkan, pihak Telkom berkontribusi dalam bentuk laboratorium fiber optic dimaksudkan sebagai link and match ke dunia industri untuk mempercepat menuju revitalisasi SMK 4.0.

“Hampir semua perusahaan sudah menerapkan fiber optic melalui  internet, layanan sinyal cahaya dari lokasi ke lokasi lain dengan kecepatan tinggi” tuturnya.

Sedangkan kepala SMK Muga Weleri, H. Yusuf Darmawan mengakui tidak mudah untuk mendapat kepercayaan dan bantuan laboratorium fiber optic dari PT Telkom.

“Kami awalnya mengirim dua guru untuk mengikuti pelatihan Teknik Instalasi Fiber Optic (Tifo) di Telkom dan kami menangkap peluang, karena hal itu belum tersebar luaskan di SMK. Ke dua guru itu mumpuni, kami fasilitasi dengan bertemu PT Telkom dan tunjukkan SMK Muga memiliki guru berkualitas, fasilitas memadahi” ungkapnya.

Menurut Darmawan, pihaknya berusaha meyakinkan pihak Telkom untuk bisa bekerjasama dengan sekolah yang dipimpinnya.

“Limabelas kali kami lakukan pertemuan dengan Telkom Semarang, Bandung dan Jakarta” imbuhnya.

Meskipun sampai saat ini SMK Muga jurusan TKJ belum meluluskan keahlian di bidang fiber optic, tetapi banyak perusahaan yang mimintanya bekerja di perusahaan tersebut.

“Pihak Telkom melalui Pak Agus Riyono sudah meminta kepada kami 30 lulusan di bidang fiber optic” pungkasnya. (Fur/MPI Kendal)


Sumber: http://pwmjateng.com/perkuat-tenaga-profesional-lab-fiber-optic-pt-telkom-kunjungi-smk-muga-weleri/

Posting Komentar untuk "Perkuat Tenaga Profesional Lab Fiber Optic, PT Telkom Kunjungi SMK Muga Weleri"